Cara Mendapatkan Modal Usaha Untuk Memulai Bisnis Anda

Memiliki sebuah usaha sendiri memang menjadi sebuah impian semua orang. Terutama di zaman sekarang ini dimana semua biaya kebutuhan hidup terus meningkat dan pastinya menuntut setiap orang untuk dapat memiliki penghasilan yang seimbang dengan biaya hidup yang semakin meningkat tersebut.

Akan tetapi untuk membangun sebuah usaha tentu saja bukanlah hal mudah karena banyak hal yang harus dipertimbangkan dan juga disiapkan. Selain faktor kemampuan anda sendiri dibidang usaha yang anda akan geluti, anda juga harus memperhatikan bagaimana prospek ke depan ketika usaha tersebut sudah anda jalani. Dan juga, hal yang harus dipersiapkan adalah tentu saja modal usaha yang akan anda mulai.

Buat anda yang sedang berpikir bagaimana cara untuk mendapatkan pinjaman modal usaha dan merintis sebuah bisnis, saat ini kami akan memberikan beberapa tipsnya bagi anda semua.

  • Mengunakan Dana Pribadi

Menggunakan dana pribadi adalah salah satu cara yang bijak dan tidak berisiko besar karena hanya melibatnya keuangan anda pribadi. Anda bisa menggunakan dana pribadi seperti tabungan ataupun dengan menjual aset-aset yang anda punya, tapi pastikan jika usaha anda bisa berjalan dengan sukses dan mempunyai prospek yang menjanjikan, karena apabila tidak tentunya anda akan mengalami kebangkrutan.

  • Mengajukan Pinjaman Modal Usaha Melalui Bank Atau Koperasi

Anda juga bisa mengajukan permohonan pinjaman modal usaha melalui Bank ataupun Koperasi, namun sebelum pengajuan ini tidak jarang pihak Bank atau Koperasi ingin mengetahui profil usaha yang akan Anda rintis, seperti proposal atau bahkan beberapa meminta Anda untuk menyampaikan Feasibility Study yang bertujuan untuk menilai kelayakan implementasi sebuah bisnis, karena Anda harus mengembalikan biaya modal usaha tersebut dalam jangka waktu tertentu ditambah lagi bunga pinjaman yang besarannya bekisar antara 8–10% dalan setahun. Kami menyarankan agar ini menjadi pilihan terakhir karena kewajiban pembayaran bunga dan cicilan bisa menjadi kendala dalam bisnis yang baru dirintis.

Bagaimana Cara Mengajukan Pinjaman Uang di Bank Untuk Memulai Usaha?

Mengajukan pinjaman modal usaha ke bank memang memiliki persyaratan yang cukup sulit, namun, apabila Anda bersungguh-sungguh ingin membuka usaha maka sebaiknya Anda ikuti cara pinjam uang melalui Bank. Hal pertama yang harus Anda lakukan yaitu dengan meyakinkan pihak Bank untuk memberikan pinjaman modal. Sebelum menyetujui pengajuan pinjaman dari nasabah pihak Bank akan mempertimbangkan beberapa hal yang terkait data calon nasabah. Jadi, pastikan Anda bisa meyakinkan pihak bank tentang alasan Anda mengajukan pinjaman tersebut.

Modal UsahaAnda bisa meyakinkan pihak bank dengan cara merinci sejelas-jelasnya tujuan usaha yang akan Anda rintis. Jelaskan pada pihak bank jika jenis usaha yang akan Anda mulai adalah sebuah usaha yang memiliki prospek yang menjanjikan untuk kedepannya. Tunjukan kesungguhan Anda dalam membuka usaha tersebut, hal ini bertujuan agar pihak bank mau memberikan pinjaman modal usaha yang anda ajukan.

Hal kedua yang perlu Anda lakukan yaitu dengan melengkapi berbagai macam persyaratan yang sudah ditentukan oleh Bank tersebut. Pihak Bank akan memeriksa berbagai kelengkapan nasabahnya dengan detail. Jika persyaratan tersebut terdapat kekurangan atau tidak sesuai dengan persyaratan yang ditentukan oleh pihak Bank, maka pengajuan pinjaman Anda tidak akan disetujui.

Peluang Usaha Rumahan Modal Kecil

  • Les privat

Modal Usaha

Les privat pastinya bisa jadi salah satu usaha rumahan modal kecil yang bisa Anda mulai. Selain les mata pelajaran sekolah umum, kursus bahasa asing juga bisa anda mulai. Contohnya Bahasa Korea, mengingat banyak Kpopers di Indonesia saat ini. Usaha ini juga cukup menguntungkan dari sisi operasional karena Anda tidak perlu menyambangi rumah murid. Anda bisa tetapkan tarif yang bersaing dengan lembaga kursus bimbingan belajar di luar sana.

  • Salon (tempat cukur rambut)

Bisnis salon juga merupakan usaha rumahan modal kecil, namun tergantung juga sama jenis salonnya. Ada salon tempat cukur rambut saja, dan ada juga salon perawatan tubuh, salon khusus perawatan wajah, dan lainnya. Jika salonnya adalah tempat cukur rambut biasa untuk pria, pastinya modalnya tidak terlalu. Anda tidak perlu beli serum-serum atau vitamin rambut, kecuali yang Anda dirikan adalah barbershop untuk menengah ke atas.

Peluang Usaha dengan Modal Kecil di Bawah 500 Ribu

  • Buka Warung Kopi

Modal Usaha

Ini merupakan peluang usaha dengan modal kecil yang cukup menjanjikan. Hampir setiap orang Indonesia suka minum kopi. Warung kopi kecil tidaklah membutuhkan modal lebih dari 500 ribu jika didirikan di pinggir jalan, dan bahkan di halaman rumah Anda sendiri. Konsepnya bisa saja berupa lesehan atau warung duduk yang menjual aneka macam snack dan minuman utama yang bikin seger, Warung kopi Anda pastinya diserbu oleh tetangga dan kenalan anda sebelum mereka pergi beraktifitas.

  • Berjualan Pulsa Elektronik

Sekarang ini siapa yang tidak memiliki handphone? Sebagian orang memiliki ponsel karena harganya yang semakin terjangkau, dan internet pun sudah masuk hingga ke desa. Anda bisa mencoba usaha berjualan pulsa karena semua handphone membutuhkannya. Kenapa bisnis ini termasuk peluang usaha dengan modal kecil? Karena dengan ini deposit minimal yang dibutuhkan untuk berjualan pulsa cukup hanya seharga Rp. 300.000,-.

Yang Anda butuhkan hanyalah ponsel yang bisa mengirimkan pulsa elektronik. Sedangkan handphone yang biasa pun dapat digunakan dan tidak perlu harus smartphone.