Kebutuhan hidup setiap tahun akan semakin meningkat, apalagi memiliki anak yang masih dibangku sekolah, pastinya kebutuhan  akan semakin bertambah. Sekarang ini semua keperluan sudah serba mahal, karena itulah Anda harus bekerja lebih giat seperti memulai usaha modal kecil namun menguntungkan agar mendapatkan penghasilan lebih untuk mencukupi kebutuhan hidup.

Tapi perlu diketahui bagi Anda yang bekerja dengan orang lain misal sebagai pegawai negeri ataupun swasta, karyawan pabrik, buruh dan lain sebagainya, Anda akan mendapatkan gaji bulanan yang tetap, jadi apabila kebutuhan hidup terus meningkat anda akan selalu kekurangan setiap bulannya.

Oleh sebab itu, saat ini begitu banyak orang yang melakukan usaha modal kecil yang bisa menghasilkan, tujuannya yaitu untuk mencukupi kebutuhan hidup. Ada banyak orang yang menjalankan usaha kecil yang telah terbukti sudah mendapatkan hasilnya, bahkan bisa melebihi gaji bulanan yang didapat. Berikut ini contoh usaha kecil yang menguntungkan:

Usaha Modal Kecil yang Sedang Tren

  • Usaha Berjualan Jus Buah

Usaha Modal KecilIklim tropis yang ada di Indonesia ini menjadikan suatu usaha modal kecil yang bisa mendatangkan keuntungan. Dengan memulai berjualan jus buah, hanya saja Anda perlu bermodalkan mesin blender, buah-buahan, dan beberapa peralatan pendukung lainnya. Untuk lebih banyak variasinya, Anda bisa menambahkan beberapa minuman sachet dan snack ringan untuk anak-anak.

  • Pangkas Rambut

peluang usaha modal kecil potong rambut juga memberikan keuntungan yang menjanjikan, selama rambut manusia masih tumbuh di kepala, maka usaha potong rambut tidak akan pernah kehilangan pelanggan. Terutama bagi Anda yang memiliki keahlian dalam bidang potong rambut, maka Anda memiliki kesempatan untuk sukses lebih besar.

modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis potong rambut ini tergolong kecil, hanya bermodalkan cermin, sisir, gunting, dan alat pencukur rambut, Anda sudah bisa menghasilkan uang. Untuk lokasi, usahakan berada di pinggir jalan yang ramai serta dekat dengan perumahan penduduk agar lebih banyak pelanggan yang datang.

  • Warung Kopi

Ini merupakan usaha modal kecil namun keuntungannya sangat menjanjikan. Jika lokasi rumah Anda berada di pinggir jalan atau berada di dekat fasilitas umum, Anda bisa mencoba untuk mendirikan sebuah warung kopi. Untuk modal yang dikeluarkan tergolong kecil, Anda hanya butuh untuk membeli beberapa kopi dan beberapa minuman kemasan yang banyak di,imati pelanggan.

Jika dilihat memang sangat sepele, tapi jika dilihat lebih dalam, keuntungan dari segelas kopi bisa setengahnya lo. Untuk menambah kelengkapan di warung kopi, Anda bisa menambahkan beberapa makanan ringan dan juga gorengan.

  • Reseller Produk

Bisnis reseller ini menjadi pilihan terbaik untuk ditekuni karena dari segi modal terhitung relatif kecil dan bisa dijadikan sebagai usaha sampingan. Anda cukup memanfaatkan smartphone agar bisa menjalankan peluang usaha modal kecil ini, apalagi saat ini ditunjang dengan murah dan mudahnya akses Internet.

Usaha Modal Kecil yang Sangat Menguntungkan

  • Laundry

Jika Anda memiliki rumah di area padat penduduk dan mayoritas penghuninya adalah para pekerja ataupun mahasiswa, maka usaha sampingan yang paling pas yaitu laundry. Biasanya mereka yang sibuk bekerja atau kuliah tidak sempat untuk mencuci pakaian sendiri maka jasa laundry adalah jalan satu satunya. Modal yang dibutuhkan untuk usaha laundry ini adalah membeli mesin cuci, setrika baju, parfum, dan peralatan pendukung lainnya.

  • Cuci Motor dan Mobil

Usaha Modal KecilUsaha cuci motor dan mobil juga tidak kalah menguntungkan dengan laundry, terutama jika berlokasi di pinggir jalan raya. Apalagi jika sedang musim penghujan, orang akan lebih sering mencucikan motor atau mobilnya yang kotor, terutama bagi mereka yang sibuk bekerja dan kuliah. Untuk harga cuci motor biasanya 10.000 dan mobil biasanya 30.000, dengan harga segitu sudah pasti modal yang anda keluarka cepat balik. Untuk modal yang dikeluarkan adalah pembelian kompresor, shampo motor, kain lap, semir ban, dan kelengkapan lainnya.

  • Pembayaran Tagihan Online

Saat ini semua pembayaran dilakukan serba online, mulai dari tagihan listrik, PDAM, Internet, telepon, angsuran kendaraan, dan lainnya dilakukan melalui koneksi internet. Jika ingin memanfaatkan peluang ini, Anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan yang cukup besar. Anda hanya perlu untuk memasang di depan rumah, maka pelanggan akan dating dengan sendirinya. Untuk modalnya Anda bisa memanfaatkan laptop atau komputer yang dimiliki ditambah dengan modem dan juga printer.

Langkah Merintis dan Memulai Usaha

Banyak alasan kenapa para pebisnis kerap mengurungkan niat untuk merintis bisnis, salah satunya adalah karena modal yang dibutuhkan begitu besar. Oleh karena itu banyak yang memulai bisnisnya dengan kecil-kecilan dan memilih usaha modal kecil menguntungkan. Berikut ini adalah langkah penting yang harus anda lakukan.

  • Lakukan Riset

Umumnya seseorang yang akan memulai bisnis kecil-kecilan sudah memiliki ide, tapi belum berhasil menyeimbangkannya dengan kenyataan. Jadi, penting untuk selalu mengecek dan melakukan riset agar mengetahui apakah ide Anda memiliki potensi untuk sukses dimasa mendatang. Riset ini adalah suatu proses validasi terhadap ide Anda. Karena apabila tidak valid, Anda hanya buang-buang waktu saja.

Satu tips buat Anda, sebuah produk atau jasa yang memiliki potensi untuk berhasil sukses adalah produk atau jasa yang bisa menyelesaikan suatu masalah masyarakat, atau mungkin memenuhi kebutuhan dan menawarkan apa yang menjadi minat di kalangan masyarakat luas.

  • Membuat Rencana

Anda membutuhkan sebuah rencana sebelum menjadikan ide bisnis menjadi sebuah kenyataan. Sebuah ide yang tidak dilengkapi dengan perencanaan matang akan berujung kegagalan, meskipun sudah dilakukan riset sebelumnya. Perencanaan adalah sebuah gambaran yang akan membimbing bisnis Anda dari fase startup sampai berkembang. Pastinya ini adalah keharusan bagi semua bisnis, tidak peduli apa jenis bisnis yang Anda jalani.

  • Buat Rencana Keuangan

Memulai bisnis kecil memang tidak membutuhkan banyak modal, tapi tetap membutuhkan modal awal dan kemampuan untuk mengatasi biaya operasionalnya sebelum Anda bisa memperoleh laba. Cobalah buat perencanaan keuangan sederhana yang mengestimasikan biaya-biaya yang Anda keluarkan. Jika anda belum memiliki banyak modal, maka bisa mencoba peluang usaha modal kecil yang sedang trend saat ini.

Misalnya, untuk modal awal Anda membutuhkan biaya izin usaha, peralatan, biaya legal, asuransi, branding, riset pasar, penyimpanan, acara pembukaan, penyewaan lokasi bisnis, dan lain sebagainya. Lalu dilanjut dengan biaya operasional seperti biaya sewa lokasi, biaya perawatan, marketing dan iklan, biaya produksi, bahan baku, upah pegawai, dan lain-lain.